Layanan Informasi Dalam Bimbingan Konseling


Layanan Informasi

Dalam Bimbingan Konseling

Oleh

M.Wahid Nurrohman 0713052034

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS LAMPUNG

2010

A. Pendahuluan

Upaya sistemik dalam mengantarkan individu peserta didik menjadi manusia seutuhnya mencakup berbagai komponen. Peserta didik sebagai raw input dalam menuju perkembangannya secara optimal sebagai out came mengalami berbagai prosesi. Pada pendidikan disekolah sekurang-kurangnya meliputi proses pelayanan pengembangan pribadi dan kesejahteraan peserta didik, pelayanan pengajaran dan pelayanan administratif. Ada juga pelayanan Bimbingan dan Konseling.

Pelayanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan dari manusia untuk manusia dan oleh manusia (Prayitno, 1994). Proses Bimbingan dan Konseling seperti itu melibatkan manusia dan kemanusiaan sebagai totalitas yang menyangkut potensi-potensi dan kecenderungan-kecenderungannya, perkembangannya dinamika kehidupannya, permasalahan-permasalahannya dan interaksi dinamis antar berbagai unsur yang ada. Maka untuk dapat tercapainya pelayanan Bimbingan dan Konseling dibutuhkan pemahaman terkait pelayanan-pelayanan yang ada dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling. Pelayanan Bimbingan dan Konseling diselenggarakan terhadap sasaran layanan baik secara individu maupun kelompok. Dalam hal ini, penyusun mencoba menggali terkait pelayanan informasi yang termasuk juga dalam layanan Bimbingan dan Konseling.

B. Pembahasan

Berbagai jenis layanan dan kegiatan perlu dilakukan sebagai wujud penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konsleing terhadap sasaran layanan, yaitu peserta didik. Jenis layanan dan kegiatan tersebut perlu terselenggara sesuai dengan keempat bidang bimbingan yaitu :

1. Layanan orientasi

2. Layanan Informasi

3. Layanan Penempatan dan penyaluran

4. Layanan Bimbingan Belajar

5. Layanan Konseling perseorangan

6. Layanan Bimbingan Kelompk

7. Layanan Konsleing Kelompok

Dalam makalah ini, akan dibahas mengenai penilaian layanan informasi BK. Layanan informasi adalah layanan bimbingan yang memungkinkan peserta didik dan pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh yang besar kepada peserta didik (terutama orangtua) menerima dan memahami informasi (seperti informasi pendidikan dan informasi jabatan) yang dapat dipergunakan sebgaai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan sehari-hari sebagai pelajar, anggota keluarga, dan masyarakat.

C. Layanan Informasi

• Pengertian

Layanan informasi yaitu : layanan Bimbingan dan Konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) menerima dan memahami berbagai informasi (seperti informasi pendidikan dan informasi jabatan) yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan peserta didik (klien). Klien tidak hanya peserta didik tetapi bisa juga orang tua atau wali.

• Tujuan dan Fungsi layanan Informasi

Layanan informasi bertujuan untuk membekali individu dengan berbagi pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenal diri, merencanakan, dan mengembagkan pola kehodupan sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat. Pemahaman yang diperoleh melalui layanan informasi, digunakan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kegiatan dan prestasi belajar, mengembangkan cita-cita, menyelenggarakan kehidupan sehari-hari dalam mengambil sebuah keputusan.

• Materi umum Layana informasi

Materi yang dapat yang diangkat melalui layanan informasi ada berbagiai macam, yaitu meliputi :

1. Informasi pengembangan pribadi

Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:

a. Tugas-tugas perkembangan masa remaja akhir tentang kemampuan dan perkembangan pribadi

b. Perlunya pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME

c. Usaha yang dapat dilakukan dalam mengenal bakat, bakat, minat serta bentuk-bentuk penyaluran dan pengembangannya

d. Perlunya hidup sehat dan upaya pelaksanaan

e. Usaha yang dapat dilakukan melalui Bimbingan dan Konseling dalam membantu peserta didik dalam menghadapi masa peralihan dari masa remaja awal kemasa remaja yang penuh tantangan.

2. Informasi kurikulum dan proses belajar mengajar

Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:

a. Tugas-tugas perkembangan masa remaja berkenaan dengan pengembangan diri, ketrampilan, ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.

b. Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, aktif terprogram, baik belajar sendiri maupun kelompok.

c. Cara belajar diperpustakaan, meringkas buku, membuat catatan dan mengulangi pelajaran

d. Kemungkinan timbulnya permasalahan belajar dan cara mengatasinya

e. Pengajaran perbaikan dan pengayan

f. Pelaksanaan pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam upaya meningkatkan kegiatan dan hasil belajar peserta didik

g. Kursus dan sekolah yang mungkin dimasuki setelah tamat

h. Tata tertib sekolah, cara bertingkah laku, tata karma dan bersopan santun Sistem penjurusan, kenaikan kelas, syarat-syarat mengikuti UN/UAN/US

i. Fasilitas belajar/sumber belajar

j. Cara mempersiapkan diri dan belajar di sekolah

3. Informasi jabatan

Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:

a. Tugas perkembangan masa remaja tentang kemampuan dan perkembangan karir

b. Perkembangan karir dimasyarakat

c. Sekolah menengah, kursus-kursus, beserta program pilihannya, baik baik umum maupun kejuruan dalam rangka rangka pengembangan karir

d. Jenis tuntunan dan syarat-syarat jabatan yang dapat dimasuki tamatan SLTP/SLTA, seperti kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan yang harus dimiliki.

e. Kemungkinan permasalahan yang muncul dalam pilihan pekerjaan atau karir dan tuntutan pendidikan yang lebih tinggi akibatnya.

f. Pelaksanaan pelayanan bimbingan karir bagi para peserta didik.

g. Syarat-syaratnya memasuki suatu jabatan, kondisi jabatan/karier serta prospeknya.

h. Langkah-langkah yang perlu ditempuh guna menetapkan jabtan/karier.

i. Memasuki perguruan tinggi yang sejalan dengan cita-cita karier.

4. Informasi kehidupan keluarga, sosial kemasyarakatan, keberagaman, sosial budaya, dan lingkungan

Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:

a. Tugas perkembangan masa remaja tentang kemampuan berhubungan sosial

b. Cara bertingkahlaku, tata krama, sopan santun, dan disiplin

c. Tata krama pergaulan dengan teman sebaya, baik di sekolah sendiri maupun di sekolah lain, peserta didik dengan dewan guru dan karyawan dalam rangka kehidupan yang harmonis di lingkungan sekolah

d. Suasana dan tata krama kehidupan dalam keluarga

e. Nilai-nilai sosial, agama, adat istiadat, kebiasaan dan tata krama yang berlaku dilingkungan masyarakat

f. Hak dan Kewajiban warga negara

g. Kesamaan dan keterlibatan masyarakat

h. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masyarakat sekitar

i. Permasalahan hubungan sosial dan keterlibatan masyarakat beserta akibatnya

j. Pengenalan dan manfaat lingkungan yang lebih luas (lingkungan fisik, sosial dan budaya)

k. Melaksanakan pelayanan sosial

5. Informasi Pendidikan tinggi

• Penyelenggaraan Layana informasi

Layanan informasi dapat diselenggarakan melalui ceramah, tanya jawab, dan diskusi yang dilengkapi dengan peragaan, selebaran, tayangan foto, film atau vidio, kunjungan ke perusahaan-perusahaan. Berbagai nara sumber, baik dari sekolah sendiri, atau dari sekolah lain, dari lembaga-lembaga pemerintah, maupun dari berbagai kalangan di masyarakat dapat diundang guna memberikan informasi kepada peserta didik. Namun perlu diingat bahwa semua kegiatan hendaknya direncenakan direncanakan secara matang.

Layanan informasi dapat dilaksanakan secara individual, klasikan dan ataupun diselenggarakan secara umum. Dapat juga diberikan secara lisan ataupun seperti jurnal, majalah, dan leaflet.

• Instrumen Evaluasi layanan Informasi

Dalam mengevaluasi pelaksanaan layanan Informasi kami menggunakan teknik wawancara. Wawancara adalah suatu proses memperoleh informasi dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung antara peneliti dengan responden/pihak terkait. Teknik ini digunakan untuk mencari informasi tentang sejauh mana layanan informasi telah dilaksanakan pada suatu sekolah dengan cara wawancara langsung dengan konselor sekolah disekolah tersebut.

Pedoman Wawancara

Butir-butir Instrumen

1. Jelaskan menurut anda apakah yang dimaksud dengan layanan informasi dan seberapa penting layanan tersebut untuk bagi perkembangan siswa

Jawaban :

2. Jelaskan dampak negatif jika layanan Informasi tidak diberikan kepada siswa

Jawaban :

3. Informasi apa saja yang disampaikan kepada siswa :

Jawaban :

4. Apakah anda membuat daftar informasi yang akan diberikan kepada siswa (kalau ada lampirkan)

Jawaban :

5. Bagaimana cara anda menyusun jadwal pemberian layanan informasi(perminggu/bulan) kepada siswa (Lampirkan Jadwalnya):

Jawaban :

6. Apakah anda melaksanakan layanan informasi sesuai dengan jadwal yang di buat? (lampirkan satlan layanan informasi yang di berikan)

Jawaban :

7. Menurut anda informasi apa saja yang paling penting diberikan kepada siswa

Jawaban :

8. Bagaimana proses pemberian Layanan Informasi di sekolah :

Jawaban :

9. Berikan penjelasan mengenai waktu pemberian Layanan Informasi:

Jawaban :

10. Bagaimana cara anda menyusun satlan Layanan Informasi (Lampirkan Formatnya)

Jawaban :

11. Bagaimana cara anda mengetahui layanan informasi yang diberikan telah sesui dengan kebutuhan siswa!

Jawaban :

12. Bagaimana cara anda menyusun agar layanan informasi yang diberikan mencakup seluruh layanan bimbingan?

Jawaban :

13. Bagaimana cara anda menyusun agar layanan informasi sesuai dengan kurikulum yanga di terapkan disekolah?

Jawaban :

14. Bagaimana cara anda menindak lanjuti hasil pelaksanaan Layanan Informasi?

Jawaban :

15. Dengan siapa saja anda bekerjasama dalam memberikan layanann informasi?

Jawaban :

16. Sebutkan sumber/literatur informasi yang anda berikan (lampirkan refrensinya)

Jawaban :

17. metode apa saja yang anda gunakan dalam pemberian layanan informasi (klasikal dan perorangan)

Jawaban :

18. Berapa menit/jam waktu yang diberikan sekolah untuk kegiatan BK di kelas? Apakah waktu itu cukup untuk melaksanakan layanan informasi?

Jawaban :

19. Media apa saja yang sering anda gunakan dalam pemberian layanan informasi, jelaskan kelebihan media tersebut!

Jawaban :

20. Jika menggunakan komputer/laptop, jelaskan program apa saja yang dapat mendukung pelaksanaan layanan Informasi?

Jawaban :

• Instrumen Evaluasi layanan Informasi

(a) Petunjuk

1. Pilihlah Pernyataan di bawah ini dengan mengisi tanda checklist (√).

2. Pernyataan-pernyataan tersebut memerlukan tanggapan sesui dengan pemikiran anda mengenai bagaimana proses layanan informasi dilaksanakan dalam sekolah.

3. Jika menurut responden program tersebut sangat baik, bubuhkan tanda checkhlist pada angka 3; bubuhkan tanda checkhlist pada angka 2 , kurang tidak baik; bubuhkan tanda checkhlist pada angka 1, tidak perlu dilaksanakan.

No Pertanyaan/Pernyataan Jawaban

1. Perlukah data tentang kecerdasan siswa dikumpulkan oleh sekolah ?

2. Untuk keperluan Bimbingan dan Konseling, apakah perlu diadakan tes bakat untuk siswa

3. Untuk keperluan Bimbingan dan Konseling, apakah perlu diselenggarakan inventori minat untuk siswa

4. Apakah masalah-masalah yang dialami siswa perlu diidentifikasikan

5. Apakah kebiasaan belajar siswa perlu diidentifikasi

6. Apakah memerlukan data tentang identitas siswa : latar belkang keluarga, ekonomi, cita-cita dan kebiasaan-kebiasaan siswa ?

7. Apakah informasi cara belajar yang efektif dan efisien perlu diberikan kepada para siswa ?

8 Apakah informasi tentang kurikulum perlu diberikan kepada siswa ?

9 Apakah informasi mengenai berbagai hal mengenai kelanjutan studi perlu diberikan kepada siswa ?

10 Apakah informasi mengenai tata karma pergaulan perlu diberikan kepada para siswa ?

11 Apakah informasi mengenai tata tertib sekolah perlu diberikan kepada para siswa ?

12 Apakah informasi tentang cara menggunakan waktu luang perlu diberikan kepada para siswa ?

13 Apakah informasi tentang jenis-jenis jabatan/pekerjaan perlu diberikan kepada para siswa ?

14 Apakah informasi kenalakan remaja perlu diberikan kepada para siswa

15 Apakah siswa perlu diberikan informasi tentang kekuatan dan kelemahan dirinya ?

16 Apakah para siswa perlu dibantu untuk memilih program pilihan/ jurusan ?

DAFTAR PUSTAKA

Prayitno, 1999. Panduan Kegiatan pengawasan Bimbingan dan Konseling di sekolah.Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Giyono. Desember. Diktat Bimbingan dan Konseling di sekolah.

4 thoughts on “Layanan Informasi Dalam Bimbingan Konseling

  1. kak minta materinya yooo…….
    mkasihh….

  2. kak minta materi kesulitan belajar ada tidak,,,,?

  3. Pingback: Layanan Informasi | taniadewanti

Leave a reply to okta endah wati Cancel reply